Aswaja NU Center Bersama PAC IPNU IPPNU Ngasem Melaksanakan Daurah Aswaja Dalam Rangka Memperingati Haul ke-38 KH. Abd. Syakur Nglingi


Ngasem - Di lantai 2 srambi Masjid Baitus Syakur Nglingi Bareng Ngasem Bojonegoro pada hari kamis 16 Maret 2023 dalam rangkaian Haul Ke-38 Mbah KH. Abd. Syakur dilaksanakan Dauroh Aswaja. Diikuti oleh 250 siswa - siswi MTs, SMP, MA, SMA dan SMK se kecamatan Ngasem. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Aswaja NU Center MWC NU Ngasem, Panitia Haul Ke-38 KH. Abd. Syakur Nglingi dan PAC IPNU IPPNU Ngasem.


Tujuan diadakannya Dauroh Aswaja ini adalah dalam rangka penguatan akidah dan membekali dalil dalil amaliyah Ahlussunah Wal Jamaah an nahdliyah. Karena banyak dari kita yang beramaliyah tetapi tidak mengerti dalilnya, ber NU karena warisan, karena Mbahnya NU, bapak ibunya NU jadinya NU keramat gandul. Ahirnya ketika amaliyahnya diserang dan disalahkan pihak lain tidak bisa menjawab dan membela amaliyahnya.



Salah satu tantangan generasi muda saat ini adalah tantangan idiologis. Idiologi yang terlalu ngiri yang terjadi adalah menjadi liberalis, skekuleris, sosialis bahkan komunis, maka apa apa boleh, serba permisif dan boleh, nikah beda agama boleh, nikah sejenis boleh, LGBT boleh, bahkan perbendapat Tuhan berjenis kelamin laki-laki karena Allah menggunakan Dhomir Hu juga boleh.


Idiologi terlalu nganan juga akan menjadi fundamentalis, radikalis, kaku beragama yang bisa menjadi teroris, mudah mengharamkan, membidahkan, mengkafirkan, memusyrikkan dan menghalalkan darah yang beda aliran. Syayidana Ali menantu Nabi yang dijuluki Babul Ilmu meninggal oleh seorang Ibnu muljam yang terkenal hafal Qur'an, siang berpuasa dan malamnya qiyamul lail.


Aswaja sebagai firqoh An najiyah punya fikrah yang tawassuth/moderat, tawazun/seimbang dalam penggunaan dalil Naqli dan Aqli, tasamuh/Toleransi dan i' tidal/adil.


Semoga pelajar Ngasem yang merupakan:

 شبان اليوم رجال الغد

"Pemuda saat ini adalah pemimpin masa depan",

Setelah daurah ini mempunyai pemahaman yang utuh dalam beragama dan bernegara menjadi generasi yang mencintai agamanya, NUnya dan Indonesianya. Hadir sebagai Narasumber dari Aswaja NU Center PCNU Bojonegoro, Ustadz Dodi El Hasyimi, Gus Muhammad Kamaluddin, Gus Ahmad Musthofa dan K. Muntaha.



Selengkapnya dapat ditonton Live Streaming dichannel Youtube "Aswaja Nusantara TV". Tonton Sekarang.


Penulis : Bin Misbah

Editor : Setia Rega

0 Komentar