Tingkatkan Kapasitas Khotib dan Bilal, MWC NU Ngasem Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Khotib dan Bilal di Trenggulunan


Lembaga Takmir Masjid (LTM) MWC NU Ngasem menggelar pelatihan Khotib dan Bilal di wilayah Ngasem bagian selatan bertempat di Masjid Baiturrohman Desa Trenggulunan Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Selain ajang silaturahim, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan konsep bacaan serta meningkatkan kapasitas Khotib dan Bilal di wilayah Ngasem bagian selatan. Peserta pelatihan ini yaitu perwakilan dari 7 desa wilayah selatan Ngasem antara lain desa Ngadiluwih, Kolong, Trenggulunan, Butoh, Setren, Mediyunan, dan Bandungrejo (13/03/2022).



Adapun rangkaian kegiatan pelatihan ini antara lain :

1. Pembukaan

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Bapak M. Fathurrohman, S.Pd.

3. Sambutan pertama oeleh KH. M. Thoha selaku ketua LTM NU Ngasem

4. Sambutan kedua oleh Bapak K. Yahmin selaku perangkat desa Trenggulunan

5. Sambutan ketiga oleh Bapak K. Teguh selaku wakil ketua MWC NU Ngasem

6. Do'a dipimpin oleh Bapak K. Zainuri

7. Pelatihan Khotib dengan narasumber KH. Abdul Kharis selaku Rois Syuriah MWC NU Ngasem dan pelatihan Bilal dengan narasumber Bapak M. Fathurrohman, S.Pd. dilanjut dengan penutupan.



Dalam sambutannya Bapak Thoha selaku Ketua LTM NU Ngasem menyampaikan pentingnya pelatihan ini untuk memantapkan peran Khotib dan Bilal yang berkualitas berkenaan dengan Sholat Jum'at dan Sholat Idul Fitri ataupun Idul Adha. "Pelatihan ini dibagi menjadi 2 tempat, yaitu pelatihan Khotib dilaksanakan di Masjid Baiturrahman dan pelatihan Bilal dilaksanakan di Madin Al Adnan Desa Trenggulunan, dengan tujuan agar kegiatannya ringkas dan jelas", tambah Bapak Teguh selaku wakil ketua MWC NU Ngasem.



Harapannya dengan adanya pelatihan Khotib dan Bilal ini dapat meningkatkan kekhusyukan kita dalam beribadah, khususnya saat Sholat Jum'at dan Sholat Idul Fitri ataupun Idul Adha.


Penulis : Agus Setia Rega

0 Komentar