Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H


Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H


Bismillahirrahmanirrahim


Pembaca yang di muliakan Allah, Bulan Ramadhan...tak lama lagi menjumpai kita..perasaan gembira dan rindu meliputi orang- orang beriman. Menantikan malam - malam yang khusyu' dengan lantunan ayat-ayat Al Qur'an dan berdzikir kepada Ar - Rahman. Persiapan yang kita lakukan ketika datang nya bulan ramadhan yaitu dengan :

  1. Bersuka cita, bergembira senang. Akan datang nya bulan suci ramadhan, bulan yang penuh ampunan berkah bagi kita semua. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh An - nasa'i dinyatakan " Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan ramadhan, jasadnya tidak akan tersentuh sedikitpun oleh api neraka. " Bergembira menyambut Ramadhan sudah mendapat ganjaran yang besar, yaitu akan di jauhkan dari api neraka.
  2. Berusaha untuk memperbanyak kebaikan dalam mengisi bulan ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. Karena bisa jadi bulan ramadhan ini adalah bulan terakhir bagi kita, maka fastabiqul Khoirot dalam bulan yang agung ini.
  3. Bertawakal dan istiqamah terhadap perbuatan yang baik, yang kita kerjakan di bulan ramadhan, semoga bisa seterusnya dalam menyebarkan kebaikan, menjaga hubungan silaturahim kepada sesama, Hablum minannass dan Hablum minaalllah.
  4. Meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa. Karena amal dan Ibadah yang Sholeh akan di kerjakan dengan hati yang bersih serta jiwa yang kuat, akan lebih khusyuk dalam beribadah, karena Allah SWT sebaik-baiknya maha pengampun.
  5. Membiasakan puasa dan ibadah mulai sekarang, karena semua akan berpengaruh dalam kebiasaan, kalau sudah terbiasa akan mudah untuk untuk di kerjakan.
  6. Memperbanyak belajar tentang Ilmu yang berkaitan dengan ibadah puasa. Setidaknya mencakup:
    • Keutamaan Berpuasa

   Banyaknya keutamaan - keutamaan di bulan ramadhan di turunkannya Al - Qur'an, bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan bagi kita semua. Agar kita  senantiasa bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa, memotivasi agar kuat dalam beribadah. Berdasarkan sebuah hadis yang shohih, menyebut bahwa Nabi SAW bersabda : " Barang siapa yang berpuasa (di bulan)  ramadhan dalam kondisi keimanan dan mengharapkan pahala maka di akan di ampuni dosa - dosanya yang telah lalu" ( HR. Bukhori)

    •  Hikmah Puasa

    Salah satu hikmah puasa yaitu disiplin waktu, maksudnya kita melakukan sahur melatih diri untuk Bagun lebih pagi dan bersemangat dalam mencari rezeki.

    •  Hukum - hukum Puasa

    Lebih mengerti sah tidak nya ibadah puasa kita. Agar pahala kita tidak berkurang dan kita bisa maksimal dalam beribadah.

    • Adab Berpuasa

    Berusaha menjaga lisan dan seluruh anggota tubuh dari ketidak taatan, tidak hanya menahan lapar dan haus melainkan menjaga lisan dan tubuh kita agar tidak bermaksiat.

 

Inilah ibadah yang agung yang di nantikan sebagai orang mukmin, tak akan melewatkan kesempatan kali ini, dunia sak isinya tidak ada artinya di bandingkan dengan ampunan Allah ini adalah kenikmatan dan kebahagiaan. Karena dengan berpuasa kita berjuang untuk menjadi seseorang yang bertakwa. Dengan ketaqwaan manusia akan lebih dekat dan cintai oleh Allah SWT.


Ramadhan di hadapan kita mari bekali diri kita dengan iman dan ilmu untuk menyambut datangnya bulan yang agung, bulan penuh ampunan dan sebagai penghibur bagi orang yang beriman.


Penulis : Imroatun Nasikah

0 Komentar